tentang bintang

bintang kecil di langit yang biru

amat banyak menghias angkasa

aku ingin terbang dan menari

jauh tinggi ke tempat kau berada”

 

 

 

 

Bintang kecil – anonymous

 

 

            Masih inget lagu di atas?lagu yang hampir dihapal luar kepala oleh anak-anak sekolahan Indonesia, Ya , bintang kecil, sama halnya dengan beberapa lagu serupa, selalu dinyanyikan pada saat kita dulu belajar bersama dalam suasana belajar paling menyenangkan yang pernah terekam dalam memori otak saya.

            Masih tentang lagu di atas : “bintang kecil”, Jujur, sejak kecil saya selalu tertarik dengan benda langit yang namanya “bintang”, jauh lebih dari ketertarikan saya kepada bulan, matahari bahkan pelangi (yang umumnya jadi favorit anak-anak seumuran itu), entah kenapa karena ketertarikan saya itu juga, saya senang sekali memandangi bintang-gemintang di malam hari, sering saya (saat itu) memaksakan diri naik ke genting rumah (diiringi omelan ibu saya saat itu hehe 😛 ) hanya untuk duduk dan memandangi indahnya bintang-gemintang, terutama bila langit bersih tanpa awan, mereka bersusun-susun, yang sendirian juga ada, sama-sama cantik, berpencar sibuk menghias langit malam itu, Subhanallah..mereka terlihat sangaaat indah.

 

bintang warna-warni indah

 

 

Apalagi setelah saya di sekolah belajar tentang rasi-rasi bintang : rasi gubug penceng, rasi bintang utara (formasi unik yang tidak pernah berubah sepanjang tahun, kompas dari Tuhan untuk para nelayan dan kafilah yang tersesat di gurun pasir) dsb, semakin saya sering menunggu kapan saat-saat formasi indah itu muncul, menghias langit, memenuhinya dengan kerlip-kerlip indah yang menakjubkan. Yang kemudian saya beri nama, “bintang ini punya ai, namanya A, bintang ini punyanya mama, namanya B”, begitulah 😀

 

 

Kadang saya bertanya, apa yang ada di balik langit itu?apakah disana juga ada kehidupan seperti di bumi sini?atau disana ada makhluk-makhluk lain?semuanya penuh misteri.

 

Dengan polosnya saya bertanya pada ibu saya, “Ma, di balik langit itu ada apa?” Ibu saya menjawab “disana ada ALLAH”, kemudian saya bertanya lagi “ALLAH itu siapa?”, “ALLAH itu yang bikin langit, bintang, dan semua yang ai liat di langit” “Ma, bisa ndak ai ketemu ALLAH, ai pengen liat cara Dia bikin bintang, ai juga pengen punya bintang sendiri?” Kemudian Ibu saya hanya tersenyum, dan mengatakan “ai pasti bisa ketemu ALLAH, makanya ai harus rajin ngaji, biar bisa ketemu ALLAH”.

 

 

 

 

 

Terdengar sangat sederhana bukan? 😀

 

 

 

 

 

Kembali ke bintang, entah mengapa juga saya jadi tertarik untuk sedikittahu lebih banyak tentang bintang, bintang dalam bahasa inggris disebut Star, itu untuk bintang tunggal (single), dan dalam bentuk plural disebut Stars, belum cukup itu masih ada Stellar, yaitu gugusan bintang, Comets (bintang jatuh), dan ada juga Galaxy/ies dalam bentuk yang lebih jamak. Di dalam bahasa Arab bahkan bintang memiliki nama yang lebih banyak, bintang tunggal disebut An-Najm, kemudian gugusan bintang disebut Al-Buruuj, belum cukup itu masih ada beberapa istilah seperti Al-Kawaakib (bintang jatuh)

 

bintang jatuh

 

Al-Khunnas (bintang yang beredar), dan sebagainya. Menarik bukan?

 

 

Anehnya, saya juga tiba-tiba (sebenarnya tidak tiba-tiba juga seh, kata “tiba-tiba” digunakan hanya untuk mempertegas rangkaian ‘kebetulan’ ini 😛 ) menyukai beberapa lagu yang mengandung unsur bintang, mulai dari lagu “bintang kecil” diatas mpe yang paling baru lagunya MUSE yang judulnya “starlight” hehehe..aneh memang, walaupun ada juga “moonlight” dan “sunlight” (bukan merek sabun cuci loh 😛 ), tapi bagi saya starlight tetap lebih paten, walaupun mungkin gak ada hubungannya juga yah? 😀 belom cukup itu, saya tiba-tiba lagi jadi seneng banget sama pilem STARWARS, yang akhirnya bikin saya ngimpi buat jadi Ksatria Jedi 😛 yang gagah banget kemana-mana bawa lightsaber

 

 

Yaah apapun itu, bagi saya bintang itu indah, sendirian dia cantik, bersama-sama pun dia tetap jelita, sinarnya terang tanpa menyilaukan, berkilau menawan di gelapnya langit malam, berwarna-warni, bergelayut bergandengan melukis langit, tersenyum hangat dan teduh, sebentuk lukisan Tuhan, hadiah untuk kita.

 

 

bintang gemintang

 

 

 

 

 

 

Bintang di langit

Kerlip engkau disana

Memberi cahayanya ke setiap insan….”

Bintang – Air

 

 

29 thoughts on “tentang bintang

  1. wee….”tentang bintangnya” akirnya terpostin’ jugaaah!!!!ciyee…bagus kox postin’nya ai!!terasa seperti agax membaca ttg crita masa kecil saia jugah…palagi pke nama AI jugaahh…terasa saia skaleee…hehehe
    _aix konyol beranjax menjadi wanitah_ 🙂

  2. pernah denger ga klo perbedaan warna bintang itu menunjukan derajat panas yang berbeda dari riap bintang. klo biasanya merah itu identik dengan panas dan biru adalah dingin, maka untuk bintang sebaliknya. bintang yang paling panas justru dia warnanya biru dan merah untuk yang paling adhem [seadhem2nya bintang, tep aja kita ga bisa menyentuhnya, mati duluan dah]. untuk selengkapnya coba ntar aku cari2 lagi.

    aku juga suka bintang. langit yang berisi bintang2 yang menemaniku adalah duniaku.

  3. sama seperti kalian, saya pun begitu mengagumi akan sosok benda langit yang cantik itu. ketika saya memandangnya, saya merasa ingin skali bergabung bersama mereka, menyinari dunia dalam kegelapan malam.
    dalam hidup saya, sosok sebuah bintang merupakan sosok yang kelihatannya begitu polos, jujur, setia, yah…. pokoknya perfect.
    kadang k’lo saya melihatnya, air mata saya bisa jatuh. entah kenapa saya pun bingung. ketika melihatnya, perasaan saya begitu tenang. bintang itu teman curhat saya lho, k’lo lagi ada masalah biasanya saya ngomong sama bintang atau k’lo nggak saya datang pada Tuhan.
    mungkin agak aneh k’lo saya ngomong sama bintang, tapi saya rasa nyaman aja k’lo ngomong sama dia, entah dia peduli atau tidak.
    pokoknya bintang itu merupakan hal yang paling saya senangi. saya pun berharap mungkin suatu saat saya pun bisa seperti bintang, yang bercahaya dalam hati setiap insan……

    NazWa_stars…..
    ^.^

  4. ada yang punya daftar nama bintang dari berbagai negara, seperti star dari inggris yang artinya bintang terus taranggana sansekerta yang artinya kumpulan bintang

  5. Gambarnya keren bang3t tapi perbanyak lagi yach gambarnya……..
    thank;s udah kasih informasinya….

  6. makasih coz u dah buat website ini.u tau g if i star is my inspiration.

    i love u
    star

  7. akk ankk SMP yang cllu mnnggu bintang untuk dttng ! !
    cuzt . .
    mrkka cllu nmenind akk dd.caat akk agg ceuddi !
    nd akk b.hrrab bangdh . qlou akk lyad bintang . akk bkkalan ktemmu agg ma ayh akk tercndtta ! ayah kku brdda jjauh dd.snna brsmma bnttang !
    nd ckarang . binttang ittu kku anggab shabad pennuh cahaiia ! ! n_n

  8. loe anak yang suka ma astronomi ya………… gue jga ska!!!!!
    loe tau gw anak yang udah belajar astronomi sejak usia gw 7 tahun………….. kita sharing……… contak g di mail gw key>>>>>>>>>>>>>>>

  9. Bintang,,,,,,,,,,,

    sahabat kecil hingga saat ini…
    banyak orang yang berharap untuk dia selalu hadir, dalam gelap, dalam sedih, dalam canda dan tawa…
    karena
    bintang adalah sahabat… sahabat yang baik walaupun dia diam terpaku ketika sedang bercerita, tapi dia pendengar setia untuk sahabat-sahabatnya……

    puisi ini untuk seorang peri yang suka dan cinta terhadap bintang…
    terima kasih peri telah menjaga bintang kecilku….

    Peri bintang

    Dalam gelapnya malam
    Kau selalu hadir dalam bayangku
    Kau hadir bagai lentera
    Dalam kegelapan malam

    Itulah Dirimu
    Yang akan selalu
    Menjadi peri bintangku
    Yang menyinariku
    Dalam
    gelap malam ku

    By. @ndromed@.

  10. he.eh….
    tp d tmpat qewh yg sekag,, qewh ud g bs liat bintang,,
    wlpun qewh ud naik lantai 3, qewh g ktmu m yg namanya bntang,,, hikz hikz hikz,, qewh kan m kta qewh dlu,,,

    polusi, industri, n smua kemegahan gdung pencakar langit,, telah membuat masa kcil qewh hanya mjd knangan,, n mmbuat anak-anak kcil khilangan imajinasinya,,, karana bintang,,, adl sumber imajinasiq, tmpt qewh curhat dkala sendiri,,,

    huhuhu skag qewh mrasa bener2 khilangan,,,

  11. aku suka menyendiri dalam keheningan malam diketinggian, dibukit atau diatas genting sambil menatap bintang – bintang dilangit yang luas….

    itu mengagumkan,,

  12. bintang
    ada kalanya diri memandang bintang, yang ada adalah impian
    ia membawa mimpi dan harapan dalam kehidupan.
    dulu kata budhe, orang baik yang meninggal akan menjadi bintang di langit sana.
    aku…
    begitu terpukau oleh cahya kemilau bintang. ia membawa cinta dan kedamaian dalam riak-riak kehidupan.
    ia menyimpan keteduhan dalam setiap pandangan.
    bintang selalu membuatku merasa berarti meski hanya untuk bermimpi.
    ia menyadarkanku..
    bahwa aku harus terus bermimpi setinggi bintang tetapi harus tetap seperti rumput di bumi, yang tak kan pernah lupa akan hakikat dirinya yang sebenarnya

  13. bintang nama ny seakan mnandakan sswt yg tnggi,besar n trkenal..i love star. bs bkin da tenang n smile coale bintang brkedap-kedip seolah brmain mata dgn da..opini ai asyk dey 🙂

  14. Saia suka bintang,saia suka postingan km (agak trlmbat mungkin,krn saia baca bbrp thn stlh dposting.tp gak pa2 ttp suka) ^^

    saia suka bintang: dulu,sekarang,dan sampe kapan pun tetap gak akn berubah.

    Hal yg menyenangkan saat melihat pekat malam dihiasi titi2 cahaya bernama bintang.bintang seolah melenyapkn jarak yg ada.karena dmn pun qt berada,qt dapat melihat bintang yg sama

  15. Wah,kayaknya tadi aku dapet berita,katanya ada bintang warna-warni(Ajaib)dilangit Jakarta.Baru kali ini ada bintang warna-warni.Subhanallah keajaiban Allah SWT….

  16. Namaq Lintang kata mama Lintang tu bintang karna aku orang Jawa jadi Lintang,q pernag protes kenapa namaq g Lia,Selly,Fani,Chika,Putri or sejenisnya kenapa Lintang mama selalu bilang nama itu dari Mbah,orang yang paling kuhormati lalu aku diam seribu bahasa.
    Tapi suatu ketika aku memberanikan diri untuk bertanya,pa rti namaku.
    Begini katanya”Lintang itu Bintang itu Indah,tempatnya selalu diatas,bersinar,punya cahaya sendiri tidak seperti bulan yang hanya bisa memantulkan cahaya matahari,katanya Mbah berharap aku bisa seperti bintang tentang ahir namaku Jingga,aku baru tau ahir-ahir ini Simbahku suka duduk dibelakang rumah kami yang dipegunungan dan membelakangi tenggelamnya Matahari.Suatu saat aku juga akan berttanya apa arti dari jingga itu,mungkin ada hubungannya dg kebiasanya disenja hari.
    Mungkin….

  17. dulu gue protes kenapa nama gue kartika ,ga nia,desi,apa desta gtu ??
    soalnya nama gue pasaran,jadi nma toko2 dipinggir jalan…
    tapi setelah gue tau arti nama gue itu bintang ,gue jdi ngagumin bintang ,cahayanya redup ,lembut ,seperti snyuman seorang ibu yang memeluk anaknya ,penuh cinta kasih dan kedamaian ,
    keteduhan dalam setia pandngan ,
    dan ibu gue pernah bilang dengan nama KARTIKA LESTARI ,gue bisa jadi cahaya abadi yg slalu membri ketenangan dan kedamaian untuk semua orang ,dengan kelembutanku
    dan menjadikan cinta dalam keluarga ku tumbuh abadi ,hingga akhir nanti 🙂

  18. saya juga suka bintang. salam kenal para pecinta bintang. 🙂

Leave a comment